Minggu, 13 Oktober 2013

Pelatihan Pengenalan Dan Pembuatan ROBOTIKA

Pelatihan yang digelar tanggal 12-10-2013 lalu menyisakan pelajaran baru buatku, pelajaran yang nggak pernah bisa aku lupakan dari pelatihan pengenalan pembuatan robot. Suatu ilmu yang asing buat aku karena aku nggak pernah buat robot dan aku begitu antusias mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan tersebut terletak di PT INHUTANI klandasan,,yang mengikutinya adalah dari kalangan pelajar dan mahasiswa. ROBOTIKA adalah robot yang berasal dari komponen elektronika dan dikendalikan oleh komputer " jadi harus bisa menguasai dua ilmu untuk bisa membuat ROBOTIKA yaitu ilmu elektronika dan ilmu komputer. Ada juga ROBOTIC yang komponen robotnya berasal dari mekanik. Berarti ROBOT adalah komponen yang berasal dari elektronika dan mekanik yang digabungkan dan dikendalikan oleh komputer, jadi harus menguasai ilmu mekanik, elektronika dan komputer untuk bisa membuat ROBOT. Saat itu aku tidak membawa laptop, aku berfikir cuma ilmu elektronika yang dipakai dan kalaupun menggunakan ilmu komputer juga sudah disediakan di sana jadi itulah alasanku nggak bawa laptop waktu pelatihan,,ternyata perkiraanku meleset, untuk menggunakan proyek ROBOTIKA harus menggunakan laptop sendiri karena disana tidak disediakan. Aku sempat bertanya apakah dalam pembuatan robot, elektonika dan mekanik bisa digabungkan? dan jawaban yang aku terima adalah harus benar2 bisa menguasai ilmu mekanik dan elektronika baru bisa menggabungkan keduanya, karena kalau cuma menguasai satu ilmu dari keduanya robot itu nggak akan sempurna dan juga harus menguasai ilmu komputer sebagai pengendali robot tersebut. Ternyata hanya mendalami satu ilmu nggak akan cukup untuk bisa membuat robot, jadi kita nggak cukup belajar satu ilmu saja untuk bisa membuat robot. Aku cepat pulang ngambil laptop dirumah memanfaatkan waktu istirahat yang disediakan dan kembali dengan cepat karena aku nggak mau ketinggalan sedetikpun untuk pelatihannya. Aku berhasil datang tepat waktu sebelum pelatihannya dimulai lagi. Akupun cepat makan makan siang yang diberikan dan minta cepat2 diinstalkan sofware untuk robotnya. tapi tetap aja aku ada ketinggalan materi karena waktu itu sebelumnya aku nggak menggunakan laptop ketika ada materi sebelumnya yang diberikan. Juga laptopku nggak bisa menginstal sofware yang ada, jd hanya satu sofware yang terinstal di laptopku yaitu sofware AVR, katanya sofwarenya nggak support di laptopku. tapi aku tetap punya dua file master sofware tersebut. katanya sofwernya menggunakan 24 bit, sedangkan laptopku 64 bit, aku harus cari sofware serupa tai yang 24 bit katanya. pelatihannya juga diiringi lagu2 jadi kita merasa terhibur, katanya ketua bem sih pelatihannya bayar 85 ribu, tapi karena aku mahasiswa stikom jadi gratis,,hehe!. Aku salut karena banyak juga cewe yang ikut pelatihan tersebut,,itu berarti mereka juga menyukai teknologi. Kita para cowo juga nggak boleh kalah dong, juga harus tertarik tentang robot,,kalau nggak kita bakal kalah dari kaum hawa,,ya kan!. ya kesimpulannya kita nggak cukup hanya mendalami satu ilmu kalau kita ingin ngembangin ilmu kita dan tertarik pada robot.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites